Silahkan hubungi nomor 085200311103 untuk kebutuhan tentang Makanan, Shuttle Bus, Rumah Makan dan Oleh-oleh serta Tenda Camping, Klik tombol WhatsApp dibawah.

Silahkan hubungi nomor kami untuk kebutuhan tentang Makanan, Shuttle Bus, Rumah Makan dan Oleh-oleh serta Tenda Camping, Klik tombol WhatsApp dibawah.

Camping favorit di pasir putih pantai Wohkudu menjadi pilihan bagi sobat yang berjiwa muda. Sudah hampir puluhan pantai yang kami sajikan dalam bentuk artikel, Di antaranya Pantai Ngedan, Pantai Pringjono, Pantai Nguyahan, Pantai Ngobaran, Pantai Dadap Ayam, Pantai Torohudan, Pantai Widodaren, Pantai Peyuyon, Pantai Mboyo, Pantai Kayu Arum, Pantai Nglimun, Pantai Ngluwen, Pantai Mbirit, Pantai Butuh, Pantai Nglangkap, Pantai Gesing, Pantai Kesirat, Pantai Bekah.  Dan untuk wisata non pantai ada Lembah Desa Pulutan, sedangkan untuk sarana transportasi jika datang secara rombongan bisa melalui Suttle Wisata Rest Area Bulusari  yang akan mengantar anda ke beberapa pantai sesuai keinginan anda. Kali ini pantaingedan.com akan mengulas yang kedua kalinya tentang pantai yang menjadi favorit untuk camping.  

Camping di antara bukit Karang Pantai Wohkudu

Pada malam sabtu, malam minggu dan pada malam libur nasional sudah pasti banyak traveler yang merencanakan liburan dengan camping di pantai yang cantik ini. Banyak lokasi wisata yang berderet di pantai selatan Gunungkidul Mulai dari barat ada Bukit Paralayang di Watugupit hingga ke timur banyak ratusan pantai yang masing-masing mempunyai keunikan tersendiri.

Lokasi Pantai Wohkudu di Gunungkidul

Pantai Wohkudu terletak di wilayah padukuhan Wiloso, kalurahan Girikarto, Kapanewon Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi wisata pantai yang cantik dan indah  ini berada di sebelah timur Wisata Tanjung Kesirat dan berada di sebelah barat dari Heha Ocean View.

Tiket Masuk Pantai Wohkudu

Tiket masuk ke pantai Wohkudu sebesar Rp. 8.000,- per orang. Harga yang cukup murah di bandingkan dengan keindahan pantai yang akan sobat dapatkan.

Akses Jalan ke Pantai Wohkudu

Salah satu hal yang jadi pertimbangan dalam melalukan kunjungan wisata yaitu jalan. Untuk menuju pantai Wohkudu sudah berupa jalan aspal hingga sampai lokasi tempat parkir kendaraan sobat, Saat akan mendekati  tempat parkir jalan aspal  menurun tajam jadi sistem pengereman kendaraan anda harus berkerja dengan prima. Setelah dari tempat parkir dilanjutkan dengan jalan kaki melewati jalan setapak sepanjang 360 meter. Nuansa menuruni jalan setapak akan menjadikan kesan tersendiri bagi sobat.

Fasilitas di pantai Wohkudu

Beberapa fasilitas dasar telah tersedia di pantai Wohkudu salah satunya diantaranya warung, toilet, sewa tenda, tempat parkir, juru foto, area camping.

Di pantai berpasir putih ini telah ada tiga warung yang siap melayani kebutuhan anda Ketika sobat berkunjung ke pantai Wohkudu. Harga-harga jajanan masih dalam tarif yang wajar untuk area tempat wisata. Contohnya untuk es kelapa muda Rp. 15.000,- sedangkan Pop-Mie sekitar Rp. 10.000,-, pada malam hari libur warung  buka selama 24 jam.

Bagi sobat yang sedang melewati Jalan jalur lintas Selatan (JJLS) tepatnya di sekitar Area Rest Area Bulusari jangan lupa mampir di rumah makan Bantar Angin.

Sewa Tenda di Pantai Wohkudu

Bagi sobat yang tidak membawa peralatan camping namun tiba-tiba ingin bermalam di pantai wohkudu jangan khawatir di tempat ini telah menyediakan penyewaan tenda. Untuk biaya camping pertenda sebesar Rp. 15.000,- (Biaya camping sewaktu-waktu bisa berubah namun masih dalam tarif yang wajar). Jika sobat menyewa tenda kapasitas 2 orang biayanya sebesar Rp. 35.000,- sedangkan untuk kapasitas 4 orang Rp. 50.000,-. Khusus untuk pengunjung yang akan camp di pantai Ngedan, Nglimun, Ngluwen, Mbirit, Butuh maupun Nglangkap bisa sewa tenda di UD. DMS.

Camping favorit di pasir putih pantai Wohkudu, sewa tenda
Camping favorit di pasir putih pantai Wohkudu, sewa tenda

Tempat Parkir Di Pantai Wohkudu

Lokasi parkir dengan pantai sejauh 360 meter. Jadi keamanan kendaraan anda akan di jaga oleh pengelola parkir. Biaya parkir kendaraan roda dua jika menginap Rp. 7.000, dan Jika tidak menginap sebesar Rp. 3.000,-  untuk kendaraan roda empat biaya parkir sebesar Rp. 10.000,- dan jika menginap Rp. 15.000,- (Biaya parkir sewaktu-waktu dapat berubah namun dalam tarif yang wajar)

Keunikan Pantai Wohkudu Bagaikan Surga Tersembunyi

Pantai yang tidak begitu luas area pasir putihnya ini menawarkan keindahan yang luar biasa. Di samping kanan dan kiri area pasir terdapat tebing yang tinggi menjulang, kemiringan tebing batu hampir mencapai 90°, jadi  pantai ini diapit tebing yang menjulang dimana tebing tersebut di tumbuhi dengan berbagai tumbuhan khas pantai yang menempel pada dinding tebing. Sedangkan di pinggir pantai terdapat bongkahan-bongkaran batu karang besar. Sepertinya bongkahan batu jarang tersebut merupakan reruntuhan tebing pada masa lalu.

Camping Favorit di pasir putih pantai Wohkudu, Area Camping
Camping Favorit di pasir putih pantai Wohkudu, Area Camping

Pantai Wohkudu Lokasi Hunting Foto

Spot foto dengan background berupa tebing, pasir  dan batu karang serta laut di tambah panorama birunya langit akan menghasilkan foto yang instagramable. Bagi anda yang berasal dari jauh jangan hilangkan kesempatan untuk mengabadikan berbagai moment di pantai Wohkudu. Jangan khawatir tentang tentang teknik pengambilan gambar dan background yang cantik, karena di pantai Wohkudu sudah ada jasa foto atau fotografer yang akan melayani anda untuk mengambil gambar dari berbagai sudut di pantai Wohkudu. Jangan segan untuk bertanya pada fotografer tentang biaya yang harus anda keluarkan. Sudah dapat dibayangkan suasana romantis akan anda rasakan bersama pasangan anda atau dengan calon pasangan anda. Dengan duduk di atas kursi di atas pasir putih sambil menikmati sajian kelapa muda di selingi dengan gurauan romantis bersama pasangan maka di situ fotografer akan mengabadikan moment-moment indah sobat di pantai Wohkudu.

Jasa Foto di Pantai Wohkudu

Sesuai penjelasan dari Mas Andri bahwa Jasa Fotografer di pantai Wohkudu sudah ada enam orang pemuda desa yang selalu melayani wisatawan untuk mengabadikan moment anda ketika berkunjung ke pantai Wohkudu. Jika sobat berasal dari luar daerah dapat memesan jasa fotografer dengan menghubungi di layanan kami.

Mencari Binatang  Laut Saat Laut Surut

Saat air laut surut anak-anak bisa bermain di pantai Wohkudu dengan mencari ikan-ikan kecil yang terperangkap dalam cekungan-cekungan karang. Alat jaring kecil bagi anak-anak dapat sobat beli di warung. Di kala pantaingedan.com berkunjung di tempat ini sudah ada tiga warung yang melayani  wisatawan dengan berbagai menu sederhana mulai dari berbagai jajanan, macam-macam minuman hingga nasi goreng.

Jam Buka Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu buka selama 24 jam. Jangan khawatir tentang jam kedatangan sobat ke pantai Wohkudu karena pantai ini buka 24 jam, namun yang perlu diperhatikan jika sobat datang malam hari pastikan alat penerangan berupa senter yang terang telah anda siapkan karena untuk mencapai pinggir pantai sobat akan melewati jalan setapak yang masih alami. Melewati jalan setapak  yang di tumbuhi dengan semak belukar dan pohon jati.

Menyaksikan Kera Berekor di Jalan Setapak

Di samping kanan kiri Jalan setapak sepanjang 360 meter ini terdapat tanaman pohon jati dan semak belukar,  jika beruntung sobat bisa menyaksikan kera berekor pada pohon jati maupun di semak belukar. Kera tersebut berpindah dari satu ranting pohon ke ranting lain.

Rute Ke pantai Wohkudu

Tentunya kebanyakan pengunjung destinasi wisata sudah memanfaatkan google map untuk mencari tujuan mereka. Namun akan kami sampaikan sedikit gambaran rute jika Sobat ingin berkunjung ke pantai Wohkudu. Berawal dari Yogyakarta sobat arahkan kendaraan ke Imogiri kemudian lanjutkan kearah Panggang. Sampai pertigaan Panggang ambil arah ke timur yaitu ke arah kapanewon Saptosari, namun sebelum sampai Saptosari Ketika sobat sampai rest area HeHa Ocean View, sobat ambil kearah kanan menuju pantai Gesing. Ketika sampai pertigaan menuju arah Gesing atau arah HeHa Ocean View sobat langsung lurus saja kea rah barat. Sampai anda temui papan nama arah ke pantai Kesirat. Di pertigaan arah pantai Kesirat sobat ikuti saja terus jalan beraspal hingga menemui pos retribusi. Di pos retribusi sobat berhenti membayar harga tiket masuk sesuai aturan kemudian teruskan menyusuri jalan beraspal namun masih agak sempit. Khusus pengguna roda empat diharap hati-hati Ketika berpapasan dengan sesama kendaraan roda empat. Ketika sampai jalanan beraspal yang menurun tajam ini menandakan sobat akan sampai di tempat parkir Pantai Wohkudu.

Jika sobat dari arah patuk maka teruskan perjalanan kearah Gading di pertigaan Gading ambil kearah Playen kemudian di lanjutkan kearah Paliyan. Di pertigaan Paliyan ambil kearah kiri menuju JJLS. Baca artikel berikut ini untuk antisipasi ketika sampai di Paliyan agar tidak salah ambil jalan “ Awas Bus Besar Nyasar ke Jalan ini ”, dan ketika sampai di jalan jalur lintas selatan sobat ambil arah ke kanan menuju kapanewon Panggang. Sampai rest area HeHa Ocean View ambil kearah kiri lanjutkan arah seperti yang telah di jelaskan diatas jika sobat  mengambil rute dari arah Panggang.

Ulasan Pengunjung Pantai Wohkudu

Apakah ada penyewaan tenda ? Dijawab pengunjung lain : Tersedia parkiran, warung kopi dan rental alat camping. Masih asri cocok buat camp pantai.

Dari ribuan pengunjung salah satu bertanya : “Akses kesini gimana ya ? Sulit gak ? Gampang kejangkau kah ?”

Dari pertanyaan pengunjung tersebut ada jawaban dari pengunjung lainnya dengan jawaban sebagai berikut : “Hati-hati ketika bawa mobil jalanan sempit. Terutama dari parkiran mau balik arah kota wonosari/keluar lokasi tanjakan tajam kalo skill driver tidak baik bisa melorot, kondisi mobil juga harus prima. Pernah saya pas kesana ada mobil tidak kuat menanjak dan melorot”.

Ada jawaban dari pengunjung yang lain : “di rekomendasikan pakai kendaraan roda dua”.

Pengunjung lainnya menanyakan : “Kalo dari parkiran motor ke pantainya jalan kaki kira-kira berapa lama ya ka ?” di jawab pengunjung lainnya : “Estimasi 10-15 menit. Lebih baik pake sepatu yaa tapi yang outsalenya empuk, jangan pakai flatshoes”.

Bagi sobat yang ingin berkunjung ke pantai Wohkudu namun belum jelas tentang hal-hal tertentu bisa menghubungi pada nomor di menu Layanan website ini.

Ada pembaca yang menanyakan, info camp di pantai ini hari bias arame ga ya ? di jawab seorang pengunjung pengunjung : “kalau hari biasa sepi kak”

Info Tambahan :  Pantai Ngedan/Ngeden | Lokasi, Rute, Tiket Masuk, Jam Buka, Fasilitas, Daya Tarik
Bagikan: