Silahkan hubungi nomor 085200311103 untuk kebutuhan tentang Makanan, Shuttle Bus, Rumah Makan dan Oleh-oleh serta Tenda Camping, Klik tombol WhatsApp dibawah.

Pantai Mbirit | Rute, Lokasi, Akses, HTM, Cara Pergi, Jam Buka,  Daya Tarik, Foto, Fasilitas,  Keunggulan

Silahkan hubungi nomor kami untuk kebutuhan tentang Makanan, Shuttle Bus, Rumah Makan dan Oleh-oleh serta Tenda Camping, Klik tombol WhatsApp dibawah.

Pantai Mbirit | Rute, Lokasi, Akses, HTM, Cara Pergi, Jam Buka,  Daya Tarik, Foto, Fasilitas,  Keunggulan akan dibahas secara jelas dan gamblang agar para traveler mempunyai gambaran yang pasti untuk menentukan pilihan dan persiapan sebelum mengunjungi pantai Mbirit.

Gambaran Umum Pantai Mbirit

Bibir pantai yang satu ini mempunyai keunikan tersendiri di bandingkan dengan pantai-pantai yang lain yang ada di wilayah Padukuhan Bedalo, Kalurahan Krambilsawit, Kapanewon Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Pantai Mbirit merupakan pantai yang mempunyai gugusan karang dan mempunyai area pasir serta mempunyai tebing yang mengapit pantai.

Rute Ke Pantai Mbirit dari Yogyakarta – Panggang – Saptosari

Rute ke pantai Mbirit jika sobat dari arah Yogyakarta lewat Imogiri.  Awal perjalanan di mulai dari Jl. Panembahan Senopati kemudian kearah Jl. Brigjen Katamso kemudian menuju Jl. Kolonel Sugiyono hingga tembus ke Jl. Sisingamangaraja di lanjutkan kearah Jl. Imogiri Barat . Sesampainya di Perempatan Wojo lanjutkan perjalanan melewati Jl. Imogiri Barat di teruskan ke Jl. Bakulan Imogiri dan sobat masuk ke Jl. Imogiri Siluk, Ketika sampai di Jembatan Siluk ambil arah ke Panggang melewati Jl. Siluk Panggang. Jalan mulai menanjak, persiapkan kendaraan anda untuk merayap di perbukitan. Hingga sobat sampai di pertigaan panggang ambil kearah kiri untuk kearah Kapanewon  Saptosari dengan melewati Jl. Panggang Wonosari. Sesampainya Perempatan Legundi ambil kearah kiri. Di arah kiri sobat masuk ke jalan yang lebar dan mulus . Susuri jalan Raya Panggang Wonosari dengan hat-hati walaupun jalan sudah lebar dan halus.

Rute dari Desa Jetis sampai Pantai Mbirit

Sesampainya di pertigaan depan Balai Desa Jetis Saptosari ambil kearah kanan atau ke selatan menyusuri Jl. Jetis menuju Desa Ngloro, sampai depan balai desa Ngloro ambil kearah kanan menuju desa Krambilsawit melewati Jl. Krambilsawit. Hingga menemui pertigaan kearah Jl. pantai Ngedan dan akan melewati SMPN 2 Saptosari dan melewati UD. DMS (Penyewaan Tenda Camping).  750 meter dari UD. DMS kearah selatan masih di Jl, Pantai Ngedan sobat akan menemui gapura masuk pantai Ngedan. Mulai pintu masuk ini jalan berupa cor rabat beton. Terus susuri jalan cor rabat beton hingga menemui lokasi TPR pantai Ngedan. Di TPR ini sobat membayar retribusi kemudian lanjutkan hingga sampai di pertigaan yang menunjukkan arah ke pantai Butuh dan pantai Ngedan. Ambil kearah pantai Butuh. 250 meter sebelum pantai Butuh belok ke kiri untuk kearah pantai Mbirit.

Rute ke Pantai Mbirit dari Yogyakarta – Piyungan – Saptosari

Dari Yogyakarta menuju Piyungan ke arah Wonosari melewati Jl. Jogja-Wonosari  jalan menanjak dan akan melewati  lokasi wisata Bukit Bintang  menuju jalan Nasional III, hingga melewati Rest Area Sambipitu, sampai Tahura Bunder  kemudian akan memasuki wilayah Gading. Di Protelon Bangjo Gading ambil kearah kanan melewati Jl. Gading-Playen hingga sampai pasar Playen dilanjutkan melewati Jl. Playen-Paliyan  kemudian terus hingga melewati Jl. Panggang-Wonosari dan akan melewati Suaka Margasatwa Paliyan, dan Ketika sampai depan Polsek Saptosari ambil kearah kanan menuju pertigaan Jetis, sampai pertigaan Jetis ikuti penjelasan rute dari desa Jetis sampai pantai Mbirit seperti yang di jelaskan diatas.

Lokasi Pantai Mbirit

Pesisir yang masih cukup tersembunyi ini terletak di Padukuhan Bedalo, Kalurahan Krambilsawit, Kapanewon saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55871. Lokasi Pantai Mbirit berada dianatara pantai Butuh dan Pantai Ngluwen.

Peta Lokasi Pantai Mbirit

Akses ke Pantai Mbirit

Jalan ke pantai Mbirit saat sobat mulai  memasuki padukuhan Bedalo atau saat memasuki pintu gerbang pantai Ngedan sampai ke Pantai Butuh  masih jalan cor rabat beton.  Ada beberapa tanjakan dan turunan yang lumayan tajam.

HTM Pantai Mbirit

Kabupaten Gunungkidul telah dikenal mempunyai deretan pantai-pantai yang cantik nan elok dengan pasir putihnya. Pantai Mbirit masih termasuk dalam deretan dari pantai Pringjono, pantai Ngedan, pantai Nglimun, pantai Ngluwen, pantai Butuh, pantai Nglangkap dan pantai Gesing. Saat ini untuk masuk ke pantai Mbirit di kenai retribusi sebesar Rp. 5.000,- .

Harga Tiket Masuk Pantai Mbirit

Harga Tiket masuk ke Pantai Mbirit sebesar Rp. 5.000,-  Dengan harga tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- sobat bisa menentukan pilihan apakah mau ke pantai Ngedan, pantai Nglimun, pantai Ngluwen, pantai Mbirit atau ke pantai Butuh. Jadi dengan membayar retribusi sebesar Rp. 5.000,- sudah bisa mengunjungi 5 pantai sekaligus.

Cara Pergi ke Pantai Mbirit

Destinasi wisata pantai Mbirit dapat dicapai dengan kendaraan roda dua dan roda empat. Saat ini lebih mudah jika mengunjungi dengan kendaraan roda dua mengingat jalan yang masih dalam kondisi sempit namun bukan berarti tidak bisa di capai dengan kendaraan roda empat. Untuk saat ini jika ingin mengunjungi pantai Mbirit jika belum kenal medan lebih baik gunakan jasa guide atau penunjuk arah, sebab jalan setapak yang dahulu untuk menuju ke pantai Mbirit sedang dibangun dengan ketinggian talud hampir mencapai kurang lebih 20 meter. Untuk mencapai pantai Mbirit saat ini melewati jalan setapak yang berada sebelah utara area yang dibangun oleh investor. Masuk jalan setapaknya cukup tersembunyi. Untuk jasa guide hubungi pada nomor WhatsApp pada menu layanan website ini.

Jam Buka Pantai Mbirit

Pantai Mbirit buka 24 jam. Jadi jam berapapun sobat bisa mengunjungi pantai Mbirit. Namun lebih baik jika kedatangan sobat ke pantai tidak terlalu malam, jadi sobat bisa prepare segala kebutuhan kegiatan nge-camp, jika anda bermaksud untuk nge-camp di pantai Mbirit. Keuntungan lain jika datang tidak terlalu malam, sobat bisa menikmati suasana sunset di pantai Mbirit.

Daya Tarik Pantai Mbirit

Pantai Mbirit bisa disebut sebagai heaven yang tersembunyi. Disebut dengan demikian karena keindahan yang dimilikinya. Belum semua orang pernah menginjakkan kakinya di pantai Mbirit. Kesempatan buat sobat untuk mengunjungi pantai yang satu ini, dan akan lebih puas lagi jika sobat mempunyai waktu untuk nge-camp. Berbagai jenis kondisi jalan akan anda temui saat mengunjungi pantai Mbirit, mulai dari jalan beraspal, jalan cor rabat beton, jalan berbatu hingga jalan setapak. Perjalanan anda akan terbayarkan setelah sampai pantai Mbirit dengan menikmati keindahan pantainya.

Foto-Foto Pantai Mbirit

Pintu masuk ke pantai Mbirit, Ngedan, Nglimun, Ngluwen, Butuh
Pantai Mbirit | Rute, Lokasi, Akses, HTM, Cara Pergi, Jam Buka,  Daya Tarik, Foto, Fasilitas,  Keunggulan

Fasilitas di Pantai Mbirit

Toilet umum : Untuk saat ini toilet umum berada di pantai Butuh.
Tempat parkir : Untuk keamanan parkir, lebih baik sobat parkir di pantai Butuh. Karena di pantai Butuh ada area parkir yang beratap, walaupun tidak terlalu luas. Jadi dari pantai butuh sobat trekking ke pantai Mbirit.
Camping area : Area Camping di pasir untuk pantai Mbirit cukup sempit. Dan karena kondisi yang demikian maka jika sobat mengunjungi pantai ini akan serasa memiliki private beach.

Mushola : Di Pantai Butuh tersedia mushola untuk ibadah
Tiga Fasilitas tersebut berada di pantai Butuh

Keunggulan Pantai Mbirit

Panorama yang Istimewa

Sesuatu yang menarik dari tiap-tiap pantai di Kabupaten Gunungkidul adalah bentuk pemandangannya yang berbeda-beda. Tiap pantai mempunyai garis pantai yang berbeda, ada yang Panjang dan ada yang sangat pendek sekali dan tiap pantai mempunyai bentuk tebing yang berbeda-beda. Dan yang sangat membedakan adalah adanya bongkahan-bongkahan karang besar yang berada di bawah tebing.  Dengan bentuk pantai yang sempit justru menimbulkan kesan yang berbeda. 

Pasir putih di pantai Mbirit yang berada di antara dua bukit di padukan dengan birunya laut akan memanjakan mata. Bukit yang menghijau di saat musim penghujan merupakan tempat yang instagramable. Pantai yang masih jarang dikunjungi akan menghadirkan suasana yang tenang tapi tidak menimbulkan kebosanan, cocok buat rekomendasi nge-camp.

Garis Pesisir yang khas

Pertemuan antara daratan dengan lautan yang dipengaruhi oleh pasang surut air laut umumnya mempunyai bentuk yang berbeda-beda. Khusus pantai Mbirit yang tergolong pantai yang mungil dimana pantainya di apit dua bukit yang menghijau. Dari kejauhan di atas bukit pantai Mbirit sudah terlihat keindahannya. Pasir putih yang menjorok ke daratan terlihat dengan jelas. Dari atas bukit sobat sudah bisa mengabadikan keindahannya.

Bentuk pantai Mbirit yang diapit dua bukit bagaikan private beach. Pantai yang tidak terlalu ramai akan menjadi pilihan bagi yang mencari ketenangan, sehingga pantai Mbirit menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Pantai yang sangat recomanded banget untuk bersantai dan bermain Bersama rekan, sahabat dan keluarga. Recomanded juga buat nge-camp buat menghilangkan kejenuhan dari rutinitas sobat di tempat kerja.

Tempat Camping Favorit

Bagi sobat penggemar camping sesekali perlu juga di coba nge-camp di pantai Mbirit. Di pantai Mbirit ini ombaknya tidak terlalu besar, angin juga berhembus landai sehingga sangat nyaman untuk menikmati malam bersama rekan-rekan dengan di temani api unggun. Tidak semua orang mengunjungi pantai ini jadi pantai ini terlihat sepi karena saat ini seperti tersekat dengan pembangunan area wisata di pantai Mbirit. Kesempatan untuk merasakan pantai yang sangat sepi bisa anda nikmati saat ini.

Rute Trekking

Bagi penggemar sopt-spot foto yang alami, pantai Mbirit yang diapit dua tebing bisa diabadikan dari atas bukit. Sobat bisa naik keatas bukit dengan jalan kaki. Bagi sobat yang jarang naik gunung tempat ini bisa menjadi latihan trekking. Saat sampai di atas bukit akan terlihat keindahan pantai Mbirit dan pilih spot yang istimewa buat anda.

Titik-titik Spot Foto Terbaik

Saat mengunjungi pantai Mbirit disarankan pada siang hari karena saat siang hari pencahayaan sangat bagus. Karena jika sobat datang di sore hari atau saat senja untuk spot di pantainya agak gelap karena terhalang oleh bukit. Namun jika mengambil gambar dari  atas bukit akan terlihat birunya laut pantai selatan dan buih-buih dari ombak yang menghempas ke karang. Pilih di spot-spot yang sobat suka dengan tetap menjaga keselamatan anda.

Location Fhising

Pasir putih pantai Mbirit  diapit dua tebing yang lumayan tinggi yang menyebabkan pemandangan pantai Mbirit sangat istimewa dan bukan hanya di nikmati oleh wisatawan saja. Di lokasi ini juga dijadikan sebagai lokai para pemancing.

Jika sobat mempunyai hoby memancing maka sobat bisa ikut memancing dari atas tebing. Lokasi tebing menjorok ke laut lepas. Saat memancing disarankan untuk tetap berhati-hati dan memakai perlengkapan yang memadai terutama alas kaki.

Berlibur ke pantai Mbirit untuk mengusir kejenuhan dan kepenatan dari kegiatan rutin keseharian sangat direkomendasikan, terutama bagi sobat yang menginginkan suasana pantai yang tidak terlalu ramai.

Saat berlibur ke pantai Mbirit bukan hanya sekedar menikmati pemandangan yang istimewa tetapi juga bisa berfoto-foto untuk mengabadikan moment anda di pantai Mbirit. Dan jangan lupa jadikan status saat sobat berkunjung ke pantai Mbirit he..he..he…

Tips dan Saran

Buat sobat yang ingin mengunjungi pantai Mbirit di padukuhan Bedalo Kalurahan Krambilsawit kapanewon Saptosari Kabupaten Gunungkidul  Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, ada beberapa tips dan saran diantaranya :

  1. Cari informasi mengenai cuaca terlebih dahulu lewat android anda agar liburan anda lancar dan mengesankan karena tidak terhalang dengan cuaca buruk.
  2. Untuk menjaga kebugaran tubuh anda agar tidak lemas dan kekurangan cairan pastikan membawa minuman dan bekal secukupnya. Dan pastikan baterai android anda cukup untuk kegiatan foto-foto di pantai Mbirit.
  3. Bagi yang benar-benar ingin pantai yang sepi kunjungi pantai ini dengan jasa guide dengan meminta informasi melalui pesan WhatsApp pada menu layanan situs ini.
  4. Untuk menghindari panas teriknya matahari jangan lupa bawa tabir surya.
  5. Jangan berenang keamanan dan keselamatan anda.

Aktivitas Asyik di Pantai Mbirit

Saat liburan Bersama teman-teman atau keluarga tentunya sobat sudah merencanakan kegiatan yang menarik buat anda. Beberapa hal yang bisa dijadikan kegiatan menarik di pantai Mbirit adalah sebagai berikut :

Bermain di Area Pasir

Aktivitas bermain yang umum dilakukan di pantai salah satunya bermain pasir. Bagi sobat yang membawa keluarga beserta buah hatinya jangan lupa membawa alat main cetakan pasir untuk bermain di pasir, dan yang tidak boleh dilupakan yaitu membawa perangkap atau jaring kecil beserta ember untuk sarana mencari hewan laut jika air laut sedang surut karena biasanya ikan-ikan kecil terperangkap dalam cekungan-cekungan di bibir pantai.

Hunting Photo

Pantai Mbirit recommended buat hunting foto karena pemandangannya yang indah. Walaupun ukuran pesisirnya kecil namun pemandangannya tidak kalah eloknya dengan pantai-pantai yang pesisirnya panjang serta luas. Saat mengambil foto di area pasir yang diapit oleh dua bebatuan tebing karang akan terlihat eksotis. Saat pengambilan foto pastikan pencahayaan bagus dan waktu yang bagus di siang hari. Kalau sobat ingin view pemandangan yang luas denga landscape pantai Mbirit yang indah bisa naik ke atas perbukitan.

Camping

Nge-camp di pinggir pantai Mbirit merupakan aktivitas yang menarik yang patut anda coba. Angin di lokasi pantai Mbirit juga landai sehingga cocok buat nge-camp, tentukan lokasi nge-camp anda di area dekat pasir atau bisa mencari tempat di area rerumputan yang lokasinya agak keatas.

Bermain Air di Bibir Pantai

Terasa tidak lengkap jika mengunjungi pantai tanpa minimal mencelupkan kaki ke dalam air laut. Kegiatan bermain air bisa sobat lakukan di pantai Mbirit saat air sedang surut dan jika sedang pasang pastikan anda aman saat bermain air di bibir pantai.

Memancing

Kegiatan memancing bagi sebagian orang merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan dan menghilangkan kejenuhan. Dari atas tebing pantai Mbirit sobat bisa menyalurkan hobi anda.

Pantai Mbirit di Apit Dua Tebing Karang Eksotis

Daya pesona yang bisa menjadi andalan dari pantai yang masuk dalam wilayah padukuhan Bedalo, kalurahan Krambilsawit, kapanewon Saptosari, kabupaten Gunungkidul adanya pantai berpasir putih dengan di tambah keindahan tebing-tebing karangnya. Pantai Mbirit di apit dua bukit dengan tebing karang di sisi kiri dan kanan dan area pasir persis berada di tengahnya menghadap laut hindia. Berbagai jenis tumbuhan tumbuh di atas tebing dan salah satunya yang menjadi ciri khas pantai yaitu tanaman pandan pantai.

Pantai Mbirit Menghadirkan Suasana yang Damai

Air laut menghadirkan suasana damai. Dikala mengunjungi pantai Mbirit baik saat air laut pasang maupun saat air laut surut akan terdengar bunyi ombak tanpa henti. Suasana pantai yang tidak terlalu ramai akan mendatangkan suasana yang damai terlebih jika cuaca dalam keadaan cerah. Walaupun pantai ini tidak terlalu luas hanya berapa puluh meter jaraknya dari tebing di sisi kanan ke tebing di sisi kirinya. Angin yang datang sepoi-sepoi membuat suasana semakin tenang.

Jernih dan Birunya Air Laut Pantai Mbirit

Warna biru air laut menghadirkan pemandangan yang indah di pandang dari bibir pantai. Berada di pantai Mbirit saat kita menghadap selatan akan terlihat warna air laut biru cerah, pantulan dari langit yang biru saat cuaca cerah dan diawan terlihat awan putih semakin menyejukan pemandangan. Ombak bergulung-gulung mendekat ke bibir pantai tanpa henti semakin menambah keindahan pantai Mbirit. Suara hempasan ombak kadang terdengar keras dan kadang terdengar lemah. Salah satu ciri pantai selatan pulau jawa yaitu gelombangnya yang tinggi. Ini disebabkan pantai selatan merupakan pantai yang berhadapan langsung denga laut Hindia yang begitu luasnya.

Prediksi Lokasi Wisata Hits di Pantai Mbirit

Pantai Mbirit | Rute, Lokasi, Akses, HTM, Cara Pergi, Jam Buka,  Daya Tarik, Foto, Fasilitas,  Keunggulan akan selalu di-update informasinya. Pantai Mbirit dalam beberapa tahun kedepan akan menjadi lokasi yang hits dan viral. Hal ini di tandai dengan adanya beberapa pantai yang mulai berbenah untuk menyambut wisatawan yang akan datang. Dan saat ini di utara pasiran pantai Mbirit sedang dibangun area untuk menikmati pantai Mbirit dari ketinggian.

Hidden Gem di Pantai Selatan

Mungkin bagi sebagian pembaca belum paham apa itu hidden Gem. Dalam bahasa gaul hidden gem mempunyai arti suatu tempat wisata yang indah dan tidak di ketahui lokasinya oleh banyak wisatawan. Jadi pantai Mbirit merupakan salah satu pantai yang masih tersembunyi dari khalayak banyak. Lokasi wisata pantai Mbirit recommanded banget buat liburan akhir pekan.

Penginapan Terdekat dari Pantai Mbirit

Sobat yang membutuhkan informasi tentang penginapan terdekat dari  pantai Pringjono, pantai Ngedan, pantai Nglimun, pantai Ngluwen, pantai Mbirit, pantai Butuh ada dua penginapan terdekat. Yang pertama yaitu homestay 72 yang terletak di Jl. Ngobaran Ngrenehan desa Kanigoro Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul, Jarak penginapan homestay 72 sekitar 8 km dari pantai Mbirit dapat di tempuh dengan kendaraan sekitar 25 menit.

Peta Homestay 72

Penginapan terdekat kedua yaitu Puri Handayani Batu Bulan yang terletak di Legundi, Girimulyo, Panggang, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak dari pantai Mbirit sekitar 17 km dengan waktu tempuh sekitar 35 menit.

Peta Homestay Puri Handayani Batu Bulan

Tempat Penyewaan Tenda Camping

Jika saat mau nge-camp di pantai Mbirit namun tidak siap dengan tenda camping, maka sobat bisa sewa ke UD. DMS yang berada di Jl. Pantai Ngedan. UD. DMS, Juga melayani penyewaan tenda untuk anda yang ingin nge-camp di pantai Ngedan, pantai Ngluwen, Pantai Butuh.

UD. DMS

4 Pantai Terdekat dari Pantai Mbirit

  1. Pantai Ngedan
  2. Pantai Nglimun
  3. Pantai Ngluwen
  4. Pantai Butuh
Info Tambahan :  Shuttle ke Obelix Sea View dari Malioboro Yogyakarta
Bagikan: